Kamis, 01 Juli 2010

Amanah

Dikisahkan pada suatu hari Khalifah Umar Bin Khattab berencana untuk menjenguk temannya yang sakit di luar kota Mekah. Untuk menuju kesana Khalifah menyewa unta dari seorang sahabat.
Kemudian berangkatlah Khalifah Umar ke tempat temannya yang sakit. di tengah perjalanan Khalifah Umar berhenti sebentar untuk mengambil minum di oase. Setelah sudah puas mengambil minum Khalifah Umar melanjutkan perjalanan tanpa sadar bahwa waktu Khalifah Umar minum dia meninggalkan surbannya di atas pohon kurma. Setelah Khalifah Umar melanjutkan perjalanan, Khalifah Umar bertemu dengan seorang temannya di tengah jalan, kemudian temannya itu menyapa Khalifah Umar dan menanyakan mengapa Khalifah Umar tidak memakai surban. Khalifah Umar umar sadar bahwa surbannya telah tertinggal ditempat dia mengambil air.
Khalifah Umar kemudian berkata kepada sahabatnya.
" surbanku tertinggal di tempat aku mengambil air, wahai sahabatku aku minta tolong titip untaku ini sebentar aku akan mengambil surbanku"
. Khalifah Umar kemudian turun dari unta memberikan tali kekang kepada sahabatnya dan bergegas berjalan mengambil surban dari oase tadi. sahabat itu terkejut melihat perilaku Khalifah Umar dan menunggu Khalifah Umar mengambil surban tersebut. setelah Khalifah Umar kembali dari mengambil surban , sahabat itu bertanya kepada Khalifah Umar.
"Wahai Khalifah Umar, mengapa tidak kau pakai saja unta itu untuk mengambil surban yang tertinggal, mengapa kau justru berjalan kaki mengambilnya, atau mengapa kau tidak memintaku untuk mengambilnya, aku pasti tidak akan keberatan mengambilkan surbanmu Khalifah Umar".

Khalifah Umar menjawab begini .
"aku mengambil surbanku berjalan kaki karena waktu aku menyewa unta ini akad sewanya ialah unta ini kugunakan untuk menjenguk temanku yang sakit, bukan untuk mengambil unta. aku tidak mungkin menyuruhmu karena kamu budakku, dan yang kuambil adalah barang milikku sendiri"
. sahabat itu bertambah heran dan berkatta begini.
"wahai Khalifah Umar apakah dengan engkau memakai unta itu untuk mengambil surban, unta itu akan bertambah capek, atau pemilik unta itu akan mendapatkan keuntungan yang berbeda. tentu tidak wahai Khalifah Umar, mengapa engkau mempermasalahkan hal kecil seperti itu Khalifah Umar?"
khalifah umar menjawab,
"sahabatku bertobatlah , jangan pernah menganggap suatu hal kecil, hal kecil itu besar artinya dihadapan allah swt"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar