Senin, 20 September 2010

Shoelace Formula

Otak memang sangat aneh, kadang ia menyimpan sesuatu yang kita sendiri tidak tahu untuk apa hal itu selalu teringat. seperti juga hal ini (Shoelace Formula). Shoelace formula itu sendiri adalah suatu algoritma matematika yang berguna untuk perhitungan jumlah area poligon dimana untuk perhitungannya harus diketahui koordinat area dari poligon pada sebuah Cartesian Plane. algoritma ini dikenal juga dengan Gauss formula. Saya mengetahui sedikit mengenai ini sejak setahun setengah lalu. dengan cara yang menarik, dan mungkin itu yang membuat Sh
oelace Formula tetap teringat. Awalnya seorang teman survey datang dengan masalah bahwa dia mempunyai point dari suatu poligon di area proyek tetapi untuk mengetahui berapa luas dari area poligon itu dibutuhkan suatu program survei yang canggih, sementara pada saat itu tidak ada komputer untuk melakukan perhitungan. sementara saat itu juga dibutuhkan jumlah area tersebut. dari situ kemudian kita mencoba melakukan suatu percobaab perhitungan pertamanya dengan memotong bidang poligon itu menjadi bidang yang dapat kita hitung secara bangun matematika. tetapi saat kita melakukan percobaan pada area kecil ternyata penyimpangan jumlah nilai itu terlalu jauh. hingga di titik dimana kita putus asa. putus asa dengan cara itu mulailah kita browsing dengan hp. hingga ditemukan suatu metode yang disebut dengan shoelace formula. saat itu juga saya bisa merasakan sedikit perasaan dari archimedes saat menemukan teori mengenai berat jenis benda dan berteriak Eureka. dengan shoelace formula kita bisa menentukan suatu luas area tanpa menggunakan komputer, hanya berbekal kalkulator pasar dan ketekunan tentunya. heheheheheheeh EUREKA Saya akan mencoba menjelaskan shoelace formula secara simpel adapun secara ekuasi rumus dari sholelace formula ialah :
dimisalkan ada suatu area dengan koordinat cartesian seperti dibawah ini : Dapat dilihat pada gambar diatas bahwa koordinat dari poligon diatas diantaranya ialah (4,3),(6,5),(5,9),(11,5),dan (8,12). untuk perhitungan luas area pertama yang dilakukan ialah membariskan antara komponen x dan y seperti ini :
X
Y
4
3
6
5
5
9
11
5
8
12

setelah kita pisahkan berdasar identitasnya kemudian kita melakukan perkalian dengan cara menyilangkan antara Exponen X dengan Exponen Y pada koordinat berikutnya dan menghasilkan seperti ini





karena posisi perkalian yang saling menyilang itulah maka mengapa rumus ini dikatakan Shoelace formula , dimana persilangan itu menyerupai tali sepatu..
Dari Persilangan dapat disusun perhitungan berdasar rumus menjadi




Cukup SImpel Bukan..




Tidak ada komentar:

Posting Komentar