Rabu, 21 Oktober 2009

Bertanyalah..

Fakta: jumlah pertanyaan di dunìa pasti lebih banyak dibanding jawabannya!!!!
Hal ini karena ada pertanyaan yg tidak bisa terjawab.tapi tidak ada jawaban yg hadir tanpa adanya pertanyaan.

Akan tetapi anehnya lebih banyak orang yang lebih suka untuk menjawab pertanyaan ,karena kadang kemampuan untuk menjawab,menunjukkan bahwa dia ‘lebih’ drpada orang yg bertanya.
Padahal sebenarnya kemampuan kita untuk bertanya dan mempertanyakan ialah kemampuan yg harus terus dipoles.banyak penemuan yg lahir dr kemampuan mempertanyakan bahkan kadang mempertanyakan hal yang tidak penting.

Jadi jika kemudian setiap analisis dilandaskan oleh kemampuan mempertanyakan adalah benar adanya. Contohnya setiap berita yg baik harus mengandung 5 unsur tanya 4W dan 1H who,where,why,what dan how. jika dalam menyusun berita semua unsur itu sudah masuk maka berita yg telah kita susun menjadi top grade news. Didalam analisa bisnis dikenal analisa SWOT. SWOT sendiri adalah tentang menanyakan apa kekuatan dan kelemahan perusahaan dan peluang ato ancaman apakah yg dihadapi perusahaan.

Kemampuan bertanya bila kita manfaatkan dengan efektif bsa menjadi bumbu perkenalan yg hebat,sejak manusia lebih suka untuk menjawab,maka cara awal untuk menjalin komunikasi ialah dengan menanyakan hal yg dia paham atau ahli atau tahu. dia akan mulai membuka dirinya kepada kita tetapi perlu diingat jangan pernah saat kita bertanya, kita merasa bahwa kita tau segalanya karena pertanyaan yg keluar menjadi pertanyaan yg tidak tulus. bahkan cenderung menjadi sinis (seakan-akan , udah tau juga ngapain nanya)..
Jadi mulailah bertanya??

Tidak ada komentar:

Posting Komentar