Jumat, 23 Oktober 2009

Demografi Pelamar CPNS

"Coba-Coba Lah mas , siapa tau rejekinya" kata-kata ini selama seminggu terasa terngiang-ngiang di telingaku. kata2 ini bisa mampir ke telingaku dari seseorang teman yang sudah lama tidak bertemu, dan bertemu lagi saat aku tes CPNS dengan dia. Keliatannya ini hanya kata yang biasa kita dengar. tetapi melihat kesungguhan hatinya mengucapkan itu membuatku seperti bercermin kepada diriku sendiri. itu juga lah hal yang kucari dengan ikut tes CPNS.

Harus diakui tes CPNS memang menjadi ajang adu rejeki, dimana kalo masuk menjadi pegawai sudah menjadi rejeki dari pihak yang bersangkutan. Beribu-ribu orang mencoba untuk mengikuti tes padahal Rasio antara pelamar dan kebutuhan dari departemen yang bersangkutan kadang diluar logika bisa antara 1 : 10 sampai yang paling banyak bisa 1 : 200 . bayangin aja kita seorang harus bisa menyingkirkan sebanyak 199 orang untuk dapat masuk menjadi CPNS.

CPNS aja bisa menjadi andalan karena banyak alasan yang bisa saya tangkap. mulai dari kerjanya lebih santai, gajinya pasti, kemungkinan dipecat kecil, tes kesehatannya ringan, gampang cari pasangan, dan lain sebagainya yang kadang hanya bikin ketawa manyun..

Kemarin aku mengikuti tes untuk 2 departemen, selama 2 hari. di hari pertama jumlah peserta sebanyak 4000 orang hanya di kota ini saja, jika seluruh indonesia sekitar 20000 peserta untuk memperebutkan posisi sekitar 300 saja, di hari kedua departemen yang lain jumlah peserta sekitar 2000 dari total peserta seluruh indonesia sekitar 13000 sekitar sementara formasi yang tersedia sekitar 700 .

adapun selama 2 hari tersebut aku coba melihat kanan kiri , depan belakang dan aku mencoba untuk menyusun demografis dari para pelamarnya. yaitu terdiri dari :
  1. Pelamar coba-coba : yang masuk kriteria ini biasanya sudah mempunyai pekerjaan di Perusahaan swasta, dan entah sudah berapa kalinya mencoba , dia hanya memastikan dia mencoba kesempatan ini ( siapa tau rejekinya kali ini masuk) ( ini seperti teman lamaku yang kutemui)
  2. Pelamar SErius Banget : Pelamar jenis ini biasanya baru keluar dari sekolah , dan ini merupakan tes pertama atau keduanya , biasanya pelamar jenis ini bajunya paling rapi sendiri, datang paling awal, dengan peralatan tempur yang masih kinyis-kinyis.
  3. Pelamar Pemimpi : pelamar jenis ini biasanya masih menganggur, sudah berulangkali mendaftar dan berulangkali gagal, pelamar jenis ini berharap pekerjaan pertamanya ialah pekerjaan terakhirnya. pelamar jenis ini biasanya paling kritis mengenai semua hal , mulai dari soal yang salah, ruangan yang panas, dan lain2 karena mereka merasa sudah berpengalaman dalam tes sehingga mereka selalu membandingkan antara tes yang pernah mereka dapat,
  4. Pelamar teman : pelamar jenis ini biasanya mendaftar karena temannya mendaftar , mereka biasanya saat mulai tes telah menggerombol sendiri bersama teman-temannya. nanti saat keluarnya juga harus bareng-bareng lagi, bahkan kalo dia udah selesei duluan , dengan manisnya ia akan menunggu temenya hingga selesai.
Kira-kira dari jenis pelamar yang ku tangkap ada 4 garis besar dari pelamar untuk CPNS. CPNS emang terlalu manis untuk dilewatkan keliatannya. on the second thought. aku masuk mana ya , well aku masih menganggur jadi bisa masuk jadi pelamar mimpi, pada departemen yang pertama aku mandaftar karena teman , dan waktu tesnya juga duduk bersebelahan , jadi bisa masuk jadi pelamar teman.. eh ada lagi dari segi motivasi kalo dipikir sebenarnya kan aku coba2 juga karena aku dah punya rencana sekolah kalo tidak masuk.

mmmm jadi keliatanyya aku bikin jenis pelamar baru lagi ah , khusus untuk orang2 kayak aku
"pelamar gak jelas" hehehehehehe

Tidak ada komentar:

Posting Komentar